PADANG,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional Sumatera Barat mencatat selama masa libur panjang Kenaikan Isa Al-Masih, keakuratan waktu perjalanan kereta api telah sesuai dengan yang diharapkan. Pada periode 29 Mei-2 Juni 2025, On Time Departure atau ketepatan waktu untuk keberangkatan KA Lokal mencapai 99,88 persen.
Kepala Humas KAI Divre II Sumbar Reza Shahab mengatakan, ketepatan waktu menjadi salah satu nilai tambah yang pihaknya tawarkan bagi masyarakat. Dalam masa libur panjang Kenaikan Isa Al-Masih, KAI Divre II Sumbar terus menjaga keamanan, kenyamanan, keselamatan, serta ketepatan waktu.
“Ketepatan waktu merupakan salah satu keunggulan dari transportasi kereta api yang bebas macet, sehingga diminati oleh para pemudik,” ujar Reza, Senin (2/6/2025).
Selain itu, Selama masa libur Kenaikan Isa Al-Masih, sejak 29 Mei hingga 2 Juni 2025, sebanyak 32.466 tiket terjual atau 92 persen dari kapasitas tempat duduk yang disediakan yakni 35.120.
“Pada periode ini, ada dua momen libur panjang yakni Kenaikan Isa Al-Masih dan Idul Adha. Pada momen Kenaikan Isa Al-Masih 92 persen tiket KA terjual. Kemudian, pada momen Idul Adha, kami optimis penggunaan moda transportasi kereta api di wilayah Divre II ini akan meningkat lagi,” ucapnya.
Reza mengemukakan, puluhan ribu pengguna jasa kereta api lokal itu berangkat melalui Stasiun Padang, Stasiun Pariaman, Stasiun Air Tawar, Stasiun BIM, dan Stasiun Naras.
Mayoritas pemesanan tiket KA Lokal didominasi oleh masyarakat yang hendak berlibur ataupun berwisata ke pantai di Kota Pariaman dengan menggunakan kereta api Pariaman Ekspres.
Tak hanya menjadi pilihan wisatawan, KA Pariaman Ekspres juga mendukung mobilitas masyarakat Sumbar yang bekerja atau berdagang di antara kota-kota yang dilaluinya.
“Untuk mempermudah pengguna jasa kereta api, tiket kereta api Lokal dapat dipesan melalui aplikasi Access by KAI. Penjualan tiket kereta api akan dilakukan secara bertahap sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan yaitu H-7 keberangkatan dan satu akun/kode booking pemesanan dapat dipakai untuk pembelian 10 tiket KA,” imbuhnya.
Reza mengingatkan kembali agar pelanggan yang hendak melakukan pemesan tiket kereta api disarankan hanya melalui aplikasi Access by KAI atau bisa melakukan pembelian tiket kereta api di loket Stasiun (hanya untuk pembelian langsung maksimal 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA (Go Show) selama tiket masih tersedia untuk menghindari modus penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan memastikan keabsahan tiket.
“Kami terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan demi memastikan perjalanan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan,” kata Reza.
Pihaknya menyampaikan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan masyarakat yang telah memilih kereta api sebagai moda transportasi selama berlibur. Pihaknya akan terus berupaya memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan dan keselamatan penumpang.
“KAI berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan berkesan bagi seluruh pelanggan. Dengan layanan yang semakin baik kami berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi masyarakat pada momen Lebaran nanti,” pungkasnya. (**)