PSO Kereta Api 2025 Dorong Akses Transportasi Merata dan Berkelanjutan

Bagikan Artikel

PADANG,- PT Kereta Api Indonesia (Persero) bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan terus memperluas akses transportasi publik berbasis rel melalui skema tarif bersubsidi atau Public Service Obligation (PSO).

Secara keseluruhan pada 2025, PSO diproyeksikan melayani lebih dari 421 juta pelanggan di seluruh wilayah operasional KAI. Ini adalah bukti nyata hadirnya negara menjamin hak mobilitas masyarakat yang terjangkau, merata, dan berkelanjutan.

“PSO adalah bentuk nyata dukungan pemerintah melalui DJKA Kemenhub dan KAI Group untuk menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat luas. Ini bukan sekadar subsidi, tapi solusi konkret untuk keadilan akses transportasi,” ujar Kepala Humas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat Reza Shahab, saat ditemui di Padang, Jumat (23/5/2025).

Dalam lima tahun terakhir, tren pelanggan kereta api secara keseluruhan yang menggunakan PSO terus meningkat:

– 2021: 145 juta pelanggan

– 2022: 255 juta pelanggan

– 2023: 347 juta pelanggan

– 2024: 427 juta pelanggan

_2025 (proyeksi): 421 juta pelanggan_

_Total kumulatif 2021–2025: 1,59 miliar pelanggan._

Khusus di wilayah Divre II Sumbar, tren pelanggan yang menggunakan PSO juga meningkat ;

– 2021: 506.906 pelanggan

– 2022: 1.022.739 pelanggan

– 2023: 1.609.286 pelanggan

– 2024: 1.697.958 pelanggan

Pertumbuhan ini tidak lepas dari peran strategis DJKA sebagai penyusun kebijakan, pengawas layanan, dan pengalokasi anggaran PSO secara berkelanjutan.

“Data ini menunjukan semakin banyak masyarakat menggunakan kereta api, karena terjangkau, tepat waktu, dan mendukung transisi menuju transportasi rendah emisi,” klaimnya.

Hingga April 2025, pihaknya mencatat pertumbuhan positif. Update sampai dengan April 2025 sebanyak 623.303 pelanggan telah dilayani, naik 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu (550.259 pelanggan).

BACA JUGA  Ini Langkah Daop 2 Bandung Antisipasi Lonjakan Penumpang

“PSO harus dilihat sebagai investasi masa depan yang berkelanjutan. KAI Divre II Sumbar berkomitmen terus bersinergi lintas sektor agar kereta api makin menjadi andalan—lebih aman, efisien, inklusif, dan ramah lingkungan,” pungkasnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *